Takut Ngantuk, Hindari Makanan-Makanan Ini Saat Mudik!

SadarGizi.com – Menjelang hari Lebaran, tak sedikit dari kita yang memutuskan untuk mudik ke kampung halaman. Tentu saja tujuannya adalah agar dapat berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman.

Kendaraan yang digunakan pun berbeda-beda, mulai dari angkutan umum, mobil pribadi, hingga yang memaksakan diri menggunakan kendaraan roda dua.

Salah satu musuh pemudik, terutama yang menggunakan kendaraan pribadi, adalah rasa lelah dan rasa kantuk.

Tahukah kamu? Salah satu penyebab rasa kantuk adalah makanan yang dikonsumsi. Dilansir dari intisari.grid.id, Dokter Spesialis Gizi, dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc., Sp.GK mengatakan bahwa makanan yang kita konsumsi saat berbuka dan sahur dapat mempengaruhi kondisi kita.

Saat sahur, contohnya, ada baiknya menghindari makanan yang dapat menaikkan kadar gula dara, seperti nasi putih dan minuman manis.

Makanan manis memang dapat memberi energi pada tubuh dengan cepat, tetapi sifatnya hanya sementara.

 Sementara itu, makanan dengan karbohidrat tinggi sangat mudah diserap tubuh, ini menyebabkan kita akan lebih cepat lapar, kemudian tubuh akan lemas dan mengantuk.

Makanan manis lebih cocok untuk dikonsumsi saat berbuka, itu pun jangan berlebihan.

Untuk kamu yang mengemudi, lebih baik jangan langsung makan besar, apalagi bila setelah buka, kamu masih harus melanjutkan perjalanan. Cukup minum air putih atau teh manis ditambah makanan manis dulu saja, kurma dapat menjadi pilihan. Bila langsung makan besar, apalagi banyak, aliran darah akan terkontaminasi ke pencernaah. Ini tentu menyebabkan rasa kantuk.

Bila ingin kenyang lebih lama, konsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, jagung, dan gandum. Selain itu, kalau merasa mengantuk, sebaiknya berhenti dan beristirahat dulu. (sy)