Saat Mudik Lebaran, Jangan Paksa Anak Puasa

SadarGizi.com – Jangan memaksa anak-anak untuk puasa di saat melakukan perjalanan mudik lebaran. Karena itu dapat merusak mood mereka, serta membuat mereka sakit ketika sampai di kampung halaman.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc., Sp.GK menjelaskan, dalam hukum Islam, anak-anak memang tidak diwajibkan berpuasa. Namun jika orangtua ingin melatih mereka untuk puasa boleh saja dengan syarat yang harus diikuti.

“Kalau lagi belajar puasa jangan suruh anak-anak puasa saat mudik. Mereka belum mampu menyimpan cadangan energi di hati,” kata dr Tirta saat ditemui di Kantor IDI, Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Selama di perjalanan, tambah dr. Tirta, mood anak-anak gampang berubah. Terlebih di saat cuaca panas dan kondisi jalanan macet.

Saat cuaca panas, anak-anak juga gampang lapar dan haus . Dengan begitu, ketidaknyamanan mereka selama perjalanan tentu bisa merepotkan perjalanan mudik Anda.

“Kalau tidak puasa tentu yang harus disiapkan yaitu camilan praktis gak bikin perut kembung atau gampang haus. Kalau perlu bawa makanan yang bisa bikin anak-anak ngantuk agar mereka lebih banyak tidur,” tutupnya. (sy)