Camilan Asin Membuat Dehidrasi, Hindari Saat Mudik!

SadarGizi.com –  Camilan asin biasanya menjadi teman setia saat mudik lebaran, banyak orang menyiapkan untuk mebuat mata terjaga. Sebagian diantara Anda mungkin mengetahui kalau camilan asin cenderung mengandung kalori tinggi. Tapi selain itu, camilan ini juga ternyata merangsang dehidrasi.

Seperti disampaikan Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc., Sp.GK, kandungan garam tinggi bisa menarik cairan sehingga sel-sel kita akan kekurangan cairan dan akhirnya menjadi dehidrasi. Otomatis, hal ini akan membuat kita mudah haus.

“Pada saat dalam perjalanan, hindari makanan yang asin seperti keripik karena akan menimbulkan dehidrasi dan mudah haus. Padahal selama mudik, Anda bisa dituntut untuk tetap fokus. Oleh sebab itu, minumlah sedikitnya dua gelas air putih saat sahur. Dan menghindari minum teh dan kopi karena kedua minuman tersebut memiliki efek diuretik,” katanya saat ditemui beberapa waktu lalu, ditulis Jumat (10/7/2015).

Tirta menambahkan, bila Anda merasa lelah saat mudik, jangan memaksakan diri. “Tetap waspada, dan bila Anda mudik di siang hari, saat buka puasa jangan terlalu banyak makan sehingga aliran darah tidak terlalu besar dan membuat Anda mudah lelah.” (sy)