Sarapan Yang Tepat Menurut Ahli Gizi

SadarGizi.com – Sarapan  adalah sumber energi untuk beraktivitas hari itu. Namun, masih banyak yang melewatkannya. ironisnya, meskipun sarapan, yang sering terjadi adalah pemilihan menu sarapan yang tidak tepat.

Menurut nutrisionis muda seperti yang dilansir dari TEMPO.CO, Alvin Hartanto, yang harus Anda perhatikan dalam sarapan, adalah menu yang dipilih. Hindari pemilihan menu sarapan yang tidak sehat.

“Sarapan yang sehat adalah terdapatnya kombinasi karbohidrat dan protein” ungkapnya Alvin.

Karbohidrat misalnya, Alvin melanjutkan, bisa Anda temukan pada buah, sayur atau makanan yang berbahan gandum seperti oatmeal juga sereal. Kemudian untuk kandungan protein dapat Anda temukan pada kacang hijau, susu, telur, juga daging.

“Salahnya, orang Indonesia itu sukanya makan karbohidratnya aja, contohnya makan nasi aja, ah. Roti aja, ah. Bubur aja, ah. Tapi tidak memasukkan asupan proteinnya, itulah yang menyebabkan gizinya jadi tidak seimbang,” kata pria yang juga menjadi seorang youtuber ini.

Oleh karena itu, selain mulai menerapkan kebiasaan sarapan di pagi hari, Anda juga harus cerdas dalam pemilihan menu sarapan. Biasanya, orang akan memilih menu sarapan yang praktis sehingga tidak banyak membuang waktu. Telur yang direbus bisa menjadi menu praktis untuk sarapan Anda.

Susu atau kacang hijau juga dapat menjadi pilihan sarapan. Tidak ada takaran pasti berapa banyak sebaiknya Anda konsumsi susu, semua tergantung pada kondisi tubuh pribadi masing-masing. Tetapi, lanjut Alvin, anjuran yang baik adalah setidaknya konsumsi satu sampai dua gelas susu setiap hari. “Sedangkan untuk kacang hijau sendiri satu mangkuk dalam sehari sudah cukup,” ucap Alvin.